Kim Yulia Devi Ristanti Write's

Kim Yulia Devi Ristanti Write's

Minggu, 01 Januari 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama sekolah                          : SMA N 1 Demak
Mata Pelajaran             : Sosiologi
Kelas/semester             :  X I / 2
Standar Kompetensi     : 1. Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.
Kompetensi Dasar        : 2. Menganalisis  perkembangan kelompok sosial dalam masyarakat multikultural.                                        
Indikator                  :
·     Mengidentifikasi kelompok sosial yang terdapat dalam masyarakat.
·     Mengklasifikasikan kelompok-kelompok sosial yang terdapat dalam masyarakat.
·     Mendeskripsikan  dimensi hubungan antarkelompok sosial.
·     Mendeskripsikan dinamika kelompok sosial di Indonesia.
Alokasi Waktu         :  6 x 45 menit (3 X Pertemuan)

A.     Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.    mendeskripsikan pengertian kelompok sosial.
2.    mengidentifikasi tipe-tipe kelompok sosial
3.    mendeskripsikan dimensi hubungan antarkelompok sosial
4.    mendeskripsikan dinamika kelompok sosial di Indonesia                           

B.     Materi Pembelajaran

1.      Kelompok sosial

C.     Metode Pembelajaran

1.      Informasi
2.      kerja mandiri
3.      eksplorasi
4.      Diskusi
5.      ceramah
6.      penugasan

Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan I
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
a.      Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas dan menanyakan kepada para siswa beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan kebudayaan.
b.      Memotivasi
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan mempelajari kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat.
c.       Rambu-rambu belajar
Siswa memperhatikan skema kelompok sosial dalam masyarakat.
Kegiatan Inti
 a.      Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang hakikat kelompok sosial dan tipe-tipe kelompok sosial.
b.      Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 139 dan 146.
 c.      Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mereka mendiskusikan perbedaan antar kelompok sosial, organisasi sosial, dan lembaga sosial!
d.      Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertindak sebagai pemandu diskusi klasikal.
 e.      Siswa dan guru menyimpulkan hasil diskusi kelas.
Kegiatan Akhir
a.       Siswa dan guru membuat rangkuman materi tentang kelompok sosial.
b.      Siswa melakukan post test berupa pertanyaan essey.
c.      Siswa diberi tugas untuk mengamati masyarakat di daerahnya sendiri kemudia membuat laporannya. Laporannya bisa dibuat dengan pola yang ada dalam buku halaman 146.
Pertemuan II
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
a.      Apresepsi
Guru mengumpulkan tugas laporan pengamatan masyarakat yang ada di daerah siswa.
b.      Memotivasi
Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan tujuan menjalin hubungan dalam kelompok sosial.
c.       Rambu-rambu belajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar