Kim Yulia Devi Ristanti Write's

Kim Yulia Devi Ristanti Write's

Kamis, 22 Desember 2011

RPP kelas X


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama sekolah              : SMA N 1 DEMAK
Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/semester :  X/ 1
Program                       : IPS
Mata Pelajaran : Sosiologi
Jumlah Pertemuan         : 2 x 45 menit (2x Pertemuan)

Standar Kompetensi           : Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan kepribadian.

Kompetensi Dasar              : Menjelaskan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian.

Indikator                            : 1. Mendefinisikan ssosialisasi, nilai dan norma, dan            kepribadian.
                                                2. Menjelaskan agen-agen yang berperan dalam sosialisasi.
                                                3. Menjelaskan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap          pembentukan kepribadian.
                                                4. Mendeskripsikan hubungan sosialisasi dengan kepribadian.


Tujuan Pembelajaran          :
       Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. Mendefinisikan ssosialisasi, nilai dan norma, dan        kepribadian.
2. Menjelaskan proses sosialisasi.
3. Menjelaskan agen-agen yang berperan dalam sosialisasi.
4. Menjelaskan bentuk-bentuk sosialisasi.
5. Menjelaskan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian.
6. Mendeskripsikan hubungan sosialisasi dengan kepribadian.
Materi Pembelajaran:
1.      Pengertian sosialisasi.
2.      Proses sosialisasi.
3.      Bentuk sosialisasi.

Alokasi waktu                          : 2 x 45 menit
Model Pembelajaran
  1. Ceramah atau pemberian informasi.
  2. Diskusi kelompok.
  3. Penugasan.
Langkag-langkah kegiatan pembelajaran:
1.      Kegiatan Awal (15 menit)
            Apresepsi:
                        Menanyakan pada siswa tentang pengetahuannya berkenaan dengan sosialisassi, nilai dan norma.
Motivasi:
a.       Guru menjelaskan tujuan pembelajaran tentang proses sosialisasi dalam pembentukan kepribadian.
b.      Guru memberi motivasi pada siswa untuk berani bertanya.
2.       Kegiatan Inti ( 60 menit)
a.       Guru menjelaskan mengenai sosialisasi, nilai dan norma.
b.      Guru menjelaskan tentang proses sosialisasi dalam pembentukan kepribadian.
c.       Guru membrikan kesempatan pada siswa.
d.      Guru memimpin diskusi.
e.       Siswa mendiskusikan kasus sosialisasi yang mempengaruhi pembentukan kepribadian individu.
f.        Siswa membacakan diskusi kedepan kelas. Guru bertindak sebagai pemandu diskusi kelas.
g.       Siswa dan guru membuat kesimpulkan singkat tentang diskusi kelompok.

3.   Kegiatan Akhir ( 15 menit )
      a. Refleksi
                   Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang hakikat sosialisasi dan proses serta pembentukan kepribadian.
  1. Penilaian
                   Guru memberi penilaian terhadap hasil diskusi dan tugas pribadi.
  1. Penugasan
                        Guru memberi tugas kepada siswa untuk membuat karangan tentang pengaruh pengaruh nilai dan norma dalam pembentukan kepribadian.


                                                                                                Demak, 14 Desember 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                        Guru bidang studi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar